Kemampuan Yang Perlu Anda Punya Agar Bisnis Anda Sukses

Biasanya modal para pebisnis dalam membuat bisnis hanyal “mencoba” sehingga tidak sedikit dari mereka yang hanya menelan kepahitan dari kejamnya dunia bisnis. Sebenarnya dunia bisnis adalah dunia yang menarik nan indah jika kita bisa hidup di dalamnya dengan harmoni ritme yang baik. Demi menjalankan bisnis yang sukses, para pebisnis sangatlah perlu beberapa kemampuan agar bisnisnya bisa sukses dan berjalan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

#Leadership. Leadership adalah kemampuan untuk mempengaruhi pegawai untuk bekerja menuju kesuksesan usaha yang ingin diraih. Memang tidak mudah untuk mempunyai karakter seorang leadership, akan tetapi karater tersebut bisa dipelajari. Seorang pengusaha yang baik dapat membangun hubungan internal yang baik dengan para pegawainya. Dia memperhatikan bagaimana pegawainya bekerja dan tahu apa yang harus diberikan kepada pegawainya jika dapat melakukan kontribusi lebih terhadap usahanya.

Seorang pengusaha harus mampu membangun komunikasi yang efektif dengan para pegawainya baik melalui lisan ataupun hanya melalui mesin fax atau email. Pengusaha yang tidak mengerti tentang aspek finansial dapat membahayakan bisnisnya karena dia sendiri tidak dapat memperkirakan dan berapa biaya yang harus digunakan dalam mengoperasikan bisnisnya.

Pengusaha yang hebat adalah seseorang yang mampu membangun lingkungan dengan orang-orang terpilih yang baik secara pengalaman dan moralitas. Tidak mungkin pengusaha sukses bergaul dengan pengemis jalanan yang hanya bisa menghabiskan waktunya dengan menjadi sampah masyarakat. Pengusaha yang baik juga adalah pengusaha yang mampu membangun karakter pegawainya dan mendorongnya agar terus tumbuh.

#Technical Expertise. Seorang pebisnis atau pengusaha dalam memulai usahanya perlu mempunyai skill spesifik yang berkaitan dengan bisnis yang ingin dibangunnya. Hal ini juga berlaku bagi para manajer yang sedang bekerja di sebuah perusahaan. Misalkan manager akuntansi perlu untuk mampu melakukan pekerjaan akuntansi walaupun tidak harus sehebat seorang akuntan.

Seorang pebisnis yang ingin membangun usaha kuliner setidaknya harus menguasai skill memasak, atau skill mengelola suatu bisnis dengan ahli mengelola pegawai dan keuangan. Para calon pebisnis yang tidak mempunyai skill apapun lalu langsung terjun ke dalam dunia bisnis seperti halnya seseorang yang terjun dari pesawat tanpa menggunakan parasut. Setidaknya, jika calon pebisnis tersebut tidak mempunyai kemampuan yang sesuai dengan bidang diminatinya, dia harus pergi ke seminar-seminar dan pelatihan yang berkaitan dengan bisnisnya.

#Conceptual Skill. Pebisnis yang handal adalah seseorang yang bisa berpikir secara konsep yang dimana berpikir secara abstrak dan mampu untuk melihat apa saja yang sesuai dengan bisnisnya tersebut secara keseluruhan. Seorang pebisnis yang handal juga mampu memperkirakan secara konsep atau secara kasarnya bagaimanya bisnisnya tersebut akan berjalan di masa yang mendatang.

#Analytical Skill. Seorang pebisnis perlu untuk memiliki kemampuan untuk menganalisa dan mengidentifikasi isu-isu yang relevan dengan bisnisnya serta mampu untuk mengenali betapa pentingnya isu-isu tersebut, mengerti hubungan-hubungan yang terjadi di antara isu tersebut, dan melihat penyebab pokok dari perkembangan isu tersebut. Calon pebisnis atau yang sudah menjadi pebisnis perlu untuk berpikir secara logika agar dapat menemukan faktor-faktor kritis agar bisa diimplementasikan ke bisnis yang nyata.

#Human Relation Skill. Pebisnis perlu mempunyai kemampuan untuk berhubungan dengan pegawai-pegawainya hingga mendalam. Dia perlu untuk membangun komunikasi yang memang pada awalnya tidak nyaman, perlu untuk mengerti apa yang dibutuhkan oleh pegawainya dan menujukkan apresiasi sesungguhnya kepada pegawainya yang dapat melakukan sesuatu lebih baik daripada tuannya sehingga bisnis tuannya lebih maju. Seorang pebisnis handal mempunyai skill untuk mendengarkan, tetap terhubung dengan pegawainya dan mampu mengambil langkah untuk perubahan yang lebih tanpa menggunakan nilai-nilai yang mencurigakan.


Menjadi seorang calon pebisnis tidak cukup hanya dengan mencoba. Jika hanya mencoba tanpa mengetahui kemampuan-kemampuan apa saja yang diperlukan, bisa membuat bisnis Anda cepat hancur dan membuat Anda lebih mudah putus asa. Percayalah!!! Untuk menjadi seorang pebisnis, banyak hal yang perlu dimiliki dan semuanya butuh proses demi melangkah menuju kesuksesan yang diinginkan. God Bless You All
Previous
Next Post »