“Melihat tujuan
terlalu jauh adalah sebuah kesalahan, hanya satu mata rantai pada keseluruhan
rantai yang dapat dikendalikan pada suatu waktu.” ~ Winston Churchill.
Banyak dari kita sebagai pemimpin atas diri kita sendir
ditarik ke dalam tujuan yang berbeda dan
prioritas yang berbeda dan bahkan tujuan dan prioritas tersebut dapat
berubah seiring dengan perubahannya waktu atau kualitas diri kita yang tidak
konsisten.
Hal itu pula yang juga begitu membuat banyak
perbedaan-perbedaan terhadap apa yang harus kita lakukan terlebih dahulu untuk
mencapai tujuan kita. Akan tetapi banyak orang yang ingin melakukannya semua
sekaligus demi mencapai target dalam waktu yang singkat sehingga dapat
menciptakan stress yang begitu tinggi.
Lalu bagaimana kita harus menyelesaikan semuanya itu demi
mencapai tujuan kita dan dapat mengurang stress juga? FOKUS. Saat kita
mempunyai banyak hal yang harus kita kerjakan dalam waktu yang bersamaan demi
mencapai target seperti mengerjakan PR, sebaiknya kita harus fokus ke satu
tugas terlebih dahulu hingga selesai.
Anda bisa membayangkannya seperti pada saat seekor cheetah
sedang memburu jerapah.walaupun cheetah sangat cepat dan lincah, akan tetapi
jika dia tidak fokus pada satu jerapah, bagaimana cheetah tersebut dapat
memburu si jerapah?
Kesimpulannya kalian harus mengerjakan tugasnya satu-satu
terlebih dahulu, walaupun Anda mengira saya hanya omong doang itu bukan masalah
bagi saya akan tetapi hal itu sangat efektif.
Nah ini ada lima tips bagi Anda semua yang sedang berada di
dalam kekacauan.
#Ambil tambahan waktu beberapa menit.
Dalam kasus ini banyak yang berpikir bahwa hal
terakhir “harus diselesaikan sekarang juga”. Dengan begitu takutnya dan
tegangnya orang terlalu khawatir untuk mengambil waktu istirahat. Istirahat itu
hal yang sangat penting lohh, istirahat dapat membantu kita untuk menjadi lebih
kreatif setelah kita sudah terlalu banyak diterjang oleh tugas-tugas yang
begitu banyak dan sangat memuakkan. Dengan mengambil waktu istirahat, kita juga
bisa merenungkan sedikit apa kesalahan yang sudah kita perbuat dan memikirkan
jalan keluarnya sehingga kesalahan tersebut tidak terulang lagi.
#Tulis apa yang perlu dilakukan.
Kawanan rusa atau kawanan zebra akan terlihat membingungkan jika mereka
berlari mengarah kepada tujuan yang berbeda-beda, dan akan memudahkan singa
atau macan untuk memburu mereka. Itu juga yang dapat terjadi pada kehidupa
keseharian Anda. Banyak segepok tugas-tugas yang sudah berputar-putar di kepala
Anda dan membuat Anda bingung harus mengerjakan yang mana?
Lebih baik Anda perlu untuk membuat sesuatu yang perlu
dilakukan dan menuliskannya di selembar kertas. Bayangkan jika Anda sendiri
tidak tahu apa yang harus dilakukan pada hari tersebut, sehingga Anda berjalan
tanpa arah dan tersesat berusaha mencari sebuah jalan yang tidak tahu arahnya
kemana. Dengan membuat sebuah daftar harian yang perlu kita lakukan, kita
menjadi lebih terarah dan tidak berjalan tanpa tahu jelas kemana tujuan kita. Walaupun
ukurannya begitu kecil hanya terukur pada hari itu saja, akan tetapi efeknya
bisa sangat besar pada tujuan Anda yang besar karena sesuatu yang besar
dibangun dari sesuatu yang terkecil terlebih dahulu.
#Kerjakan beberapa hal kecil terlebih dahulu.
Daftar-daftar
tugas yang berjumlah 20 akan terlihat begitu rumit untuk diselesaikan daripada
daftar yang berjumlah 10. Sebaiknya kamu lebih perhatian kepada tugas-tugas
yang kecil terlebih dahulu. Sebenarnya hal itu tidak harus (sesuai selera
saja). Akan tetapi dengan menyelesaikan tugas kecil, kita sudah membuat sebuah
momentum kemenangan “kecil” dan dapat membuat lebih fokus ke hal yang lebih
besar karena hal-hal kecil tersebut sudah hilang dari kepala Anda.
#Prioritas.
Anda harus membuat prioritas-prioritas yang harus
dikerjakan hari ini dan apa yang harus dikerjakan besok. Jangan berusaha untuk
berpikir Anda harus menyelesaikan semuanya itu dalam 1 hari. Jika Anda sudah
membuat prioritas tersebut, hal itu sangatlah efektif bagi produktivitas Anda.
Bayangkan jika Anda sendiri tidak mempunyai prioritas-prioritas penting.
Anda akan seperti berjalan di sebuah padang gurun tanpan
kompas sehingga Anda tersesat dan tidak tahu harus jalan ke arah mana lalu Anda
mati karena kehausan akibat kekejaman panasnya di padang gurun. Sebuah
prioritas sangatlah penting bagi hidup kita, selain membuat kita terarah hal
itu juga membuat kita terus bergairah dan termotivasi agar kita selalu terus
untuk melakukannya. Dengan adanya prioritas kita menjadi tidak merasa bosan
dengan apa yang kita lakukan sehingga hal itu menjadi terlihat menyenangkan.
#Jangan tutup pintu.
Memang Anda harus fokus pada satu hal untuk dapat
mengerjakannya secara efektif, akan tetapi jika kamu menutup pintu terhada semua hal, itu malah menjadi tidak baik. Hal
itu membuat kamu seperti menutup pintu pada semua orang bahkan bos Anda
sendiri. Fokus pada tugas Anda bukan berarti hal itu berakhir pada diri Anda
sendiri, Anda bisa saja meminta pertolongan kepada teman kerja Anda dengan
memberikan memberikan mandat kepada asisten Anda (delegasi) atau kerja sama
(kolaborasi).
Saat semua tugas menjadi banyak dan menjadi gila,
satu-satunya cara untuk menyelesaikan hal tersebut dengan mengerjakannya
satu-satu dan berdoa kepada Tuhan. Jika Anda tidak bisa fokus pada satu hal
saja, maka tidak mungkin Anda akan menyelesaikan tugas yang kedua.
Seperti yang dikatakan Churchill “satu mata rantai dalam
satu waktu”. Jadi fokus pada satu mata rantai dan jika sudah selesai, Anda
dapat melanjutkan ke mata rantai selanjutnya sehingga Anda dapat melewati hari
demi hari yang penuh kesemerawutan. God Bless You All.
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon