5 Cara WOW Untuk Merapihkan Hari Anda Yang Begitu Buruk

My success, part of it certainly, is that i have focused in on a few things. “ ~Bill Gates.

“Melihat tujuan terlalu jauh adalah sebuah kesalahan, hanya satu mata rantai pada keseluruhan rantai yang dapat dikendalikan pada suatu waktu.” ~ Winston Churchill.

Banyak dari kita sebagai pemimpin atas diri kita sendir ditarik ke dalam tujuan yang berbeda dan prioritas yang berbeda dan bahkan tujuan dan prioritas tersebut dapat berubah seiring dengan perubahannya waktu atau kualitas diri kita yang tidak konsisten.
Hal itu pula yang juga begitu membuat banyak perbedaan-perbedaan terhadap apa yang harus kita lakukan terlebih dahulu untuk mencapai tujuan kita. Akan tetapi banyak orang yang ingin melakukannya semua sekaligus demi mencapai target dalam waktu yang singkat sehingga dapat menciptakan stress yang begitu tinggi.

Lalu bagaimana kita harus menyelesaikan semuanya itu demi mencapai tujuan kita dan dapat mengurang stress juga? FOKUS. Saat kita mempunyai banyak hal yang harus kita kerjakan dalam waktu yang bersamaan demi mencapai target seperti mengerjakan PR, sebaiknya kita harus fokus ke satu tugas terlebih dahulu hingga selesai.

Anda bisa membayangkannya seperti pada saat seekor cheetah sedang memburu jerapah.walaupun cheetah sangat cepat dan lincah, akan tetapi jika dia tidak fokus pada satu jerapah, bagaimana cheetah tersebut dapat memburu si jerapah?
Kesimpulannya kalian harus mengerjakan tugasnya satu-satu terlebih dahulu, walaupun Anda mengira saya hanya omong doang itu bukan masalah bagi saya akan tetapi hal itu sangat efektif.

Nah ini ada lima tips bagi Anda semua yang sedang berada di dalam kekacauan.

#Ambil tambahan waktu beberapa menit.  

Dalam kasus ini banyak yang berpikir bahwa hal terakhir “harus diselesaikan sekarang juga”. Dengan begitu takutnya dan tegangnya orang terlalu khawatir untuk mengambil waktu istirahat. Istirahat itu hal yang sangat penting lohh, istirahat dapat membantu kita untuk menjadi lebih kreatif setelah kita sudah terlalu banyak diterjang oleh tugas-tugas yang begitu banyak dan sangat memuakkan. Dengan mengambil waktu istirahat, kita juga bisa merenungkan sedikit apa kesalahan yang sudah kita perbuat dan memikirkan jalan keluarnya sehingga kesalahan tersebut tidak terulang lagi.

 #Tulis apa yang perlu dilakukan. 

Kawanan rusa atau kawanan zebra akan terlihat membingungkan jika mereka berlari mengarah kepada tujuan yang berbeda-beda, dan akan memudahkan singa atau macan untuk memburu mereka. Itu juga yang dapat terjadi pada kehidupa keseharian Anda. Banyak segepok tugas-tugas yang sudah berputar-putar di kepala Anda dan membuat Anda bingung harus mengerjakan yang mana?
Lebih baik Anda perlu untuk membuat sesuatu yang perlu dilakukan dan menuliskannya di selembar kertas. Bayangkan jika Anda sendiri tidak tahu apa yang harus dilakukan pada hari tersebut, sehingga Anda berjalan tanpa arah dan tersesat berusaha mencari sebuah jalan yang tidak tahu arahnya kemana. Dengan membuat sebuah daftar harian yang perlu kita lakukan, kita menjadi lebih terarah dan tidak berjalan tanpa tahu jelas kemana tujuan kita. Walaupun ukurannya begitu kecil hanya terukur pada hari itu saja, akan tetapi efeknya bisa sangat besar pada tujuan Anda yang besar karena sesuatu yang besar dibangun dari sesuatu yang terkecil terlebih dahulu.

#Kerjakan beberapa hal kecil terlebih dahulu. 

Daftar-daftar tugas yang berjumlah 20 akan terlihat begitu rumit untuk diselesaikan daripada daftar yang berjumlah 10. Sebaiknya kamu lebih perhatian kepada tugas-tugas yang kecil terlebih dahulu. Sebenarnya hal itu tidak harus (sesuai selera saja). Akan tetapi dengan menyelesaikan tugas kecil, kita sudah membuat sebuah momentum kemenangan “kecil” dan dapat membuat lebih fokus ke hal yang lebih besar karena hal-hal kecil tersebut sudah hilang dari kepala Anda.

#Prioritas.

Anda harus membuat prioritas-prioritas yang harus dikerjakan hari ini dan apa yang harus dikerjakan besok. Jangan berusaha untuk berpikir Anda harus menyelesaikan semuanya itu dalam 1 hari. Jika Anda sudah membuat prioritas tersebut, hal itu sangatlah efektif bagi produktivitas Anda. Bayangkan jika Anda sendiri tidak mempunyai prioritas-prioritas penting.
Anda akan seperti berjalan di sebuah padang gurun tanpan kompas sehingga Anda tersesat dan tidak tahu harus jalan ke arah mana lalu Anda mati karena kehausan akibat kekejaman panasnya di padang gurun. Sebuah prioritas sangatlah penting bagi hidup kita, selain membuat kita terarah hal itu juga membuat kita terus bergairah dan termotivasi agar kita selalu terus untuk melakukannya. Dengan adanya prioritas kita menjadi tidak merasa bosan dengan apa yang kita lakukan sehingga hal itu menjadi terlihat menyenangkan.

#Jangan tutup pintu. 

 Memang Anda harus fokus pada satu hal untuk dapat mengerjakannya secara efektif, akan tetapi jika kamu menutup pintu terhada semua hal, itu malah menjadi tidak baik. Hal itu membuat kamu seperti menutup pintu pada semua orang bahkan bos Anda sendiri. Fokus pada tugas Anda bukan berarti hal itu berakhir pada diri Anda sendiri, Anda bisa saja meminta pertolongan kepada teman kerja Anda dengan memberikan memberikan mandat kepada asisten Anda (delegasi) atau kerja sama (kolaborasi).
Saat semua tugas menjadi banyak dan menjadi gila, satu-satunya cara untuk menyelesaikan hal tersebut dengan mengerjakannya satu-satu dan berdoa kepada Tuhan. Jika Anda tidak bisa fokus pada satu hal saja, maka tidak mungkin Anda akan menyelesaikan tugas yang kedua.

Seperti yang dikatakan Churchill “satu mata rantai dalam satu waktu”. Jadi fokus pada satu mata rantai dan jika sudah selesai, Anda dapat melanjutkan ke mata rantai selanjutnya sehingga Anda dapat melewati hari demi hari yang penuh kesemerawutan. God Bless You All.
Previous
Next Post »