5 Kesalahan Fatal Penyebab Anda Tidak Pernah Kaya

Pada zaman dahulu (jadul) sangatlah susah bagi kita untuk menghasilkan dengan penghasilan tujuh digit hanya dalam waktu 1 tahun. Sebenarnya sih untuk era sekarang sebenarnya masih susah karena bisnis itu sendiri memang butuh waktu, akan tetapi dengan zaman yang serba teknologi sekarang ini sangatlah mudah bagi kita untuk menghasilkan uang setara kantoran atau bahkan setara seorang CEO hanya dari internet.

Dengan adanya teknologi ini, semuanya dimudahkan seperti dalam memasarkan produk dan berhubungan dengan para konsumen. Banyak sekarang anak-anak muda bisa kaya dengan menjual secara online (online shop) yang dimana sangat membantu menghemat waktu dalam komunikasi dan pengiriman barang. Hal ini sangat membantu kondisi anak muda yang masih sekolah yang waktunya banyak terbuang karena tugas-tugas yang menumpuk yang kadang tidak berguna bagi si anak. Dengan adanya teknologi dan informasi yang melimpah saat ini, seharusnya dengan mudah kita dapat penghasilan yang setidaknya mampu untuk menghidupi kita sehari-hari. Sayangnya, sebagian besar orang masih belum bisa melakukannya.

Mengapa? Selain karena masih ada orang yang kurang pengetahuan akan teknologi dan informasi (gaptek), hal ini juga disebabkan kurang motivasi atau keinginan sehingga dapat mengikis kesadaran nyata dan konsistensi dan menyebabkan lenyapnya implementasi. Untuk menjadi orang yang sukses dalam suatu bidang, Anda tidak cukup dengan mendengarkan dan melakukannya. Anda perlu untuk berlatih secara terus menerus sampai Anda sudah terbiasa dan terlatih secara otomatis. Anda harus memperhatikan, merangkum dan mempertajam perspektif Anda sehingga Anda dapat mengambil langkah yang lebih cerdas dari kesalahan-kesalahan dulu yang pernah Anda buat.

Nah selain dari memanfaatkan teknologi dan informasi serta mempertajam perspektif Anda, ada berbagai kesalahan-kesalahan yang perlu Anda hindari agar Anda tidak terpisah jauh dengan kekayaan Anda.

1.       Terlalu fokus pada kesempurnaan sehingga tidak mencoba-coba.

Salah satu penyebab kenapa orang tidak berbisnis adalah karena terlalu banyak belajar sehingga tidak mencoba-coba. Terkadang terlalu banyak belajar membuat kita takut terjun ke dalam dunia bisnis sehingga kita tidak pernah melangkah. Rata-rata orang sukses yang ada di dunia ini adalah karena mereka selalu mencoba dan banyak mengalami kegagalan. Akan tetapi dari semua pengalaman yang saya ketahui dari mereka adalah bahwa kegagalanlah yang membawa mereka kepada kesuksesan. Kegagalan adalah yang menguji mereka apakah mereka pantas menjadi pengusaha.
Jika Anda mempunyai ide-ide gila yang terkadang orang lain sendiri tidak bisa menerimanya, Anda tetap perlu harus mencobanya. Kemungkinan besarnya Anda akan menemukan kegagalan pada tahap pertama. Yang perlu Anda lakukanlah adalah dengan mengoptimalkannya dengan mencoba variasi-variasi baru.

2.       Kurang tenang dan matang.

Memang pada tahap pertama saya berkata, “Salah satu penyebab kenapa orang tidak berbisnis adalah karena terlalu banyak belajar sehingga tidak mencoba-coba.” Akan tetapi saya tidak mengatakan bahwa belajar itu tidak penting. Belajar sangatlah penting akan tetapi harus berani mempraktikannya. Begitu juga dalam berbisnis. Kita harus lebih tenang dan memikirkannya matang-matang dalam mengambil langkah. Semakin tenang kita semakin baik. Ketenangan dan kematangan dalam berpikir dapat membuat kita hebat dalam membuat strategi sehingga kita memperkecil ruang kesalahan kita. Kita jadi lebih bisa mengurangi resiko kita dan membuat rencana yang lebih terdidik.

3.       Bodoh dalam memberikan delegasi.

Dalam berbisnis, kita tidak mungkin bisa menyelesaikan semuanya sendiri. Kita perlu mencari orang bahkan yang lebih hebat daripada kita sendiri untuk menjalankan bisnis kita. Itu adalah aspek kepempimpinan dalam bisnis. Akan tetapi sebelum Anda membuat rencana-rencana yang strategis dan membangun sebuah tim yang hebat, Anda perlu mengetahui siapa diri Anda dan apa yang paling penting bagi Anda.
Dengan begitu Anda dapat mendelegasikan tugas kepada orang yang mempunyai peran yang jelas dan terdefinisi.

4.       Berdagang dengan cara yang salah.

Sebagai pebisnis, kita perlu untuk memahami siapa kita, apa yang penting bagi kita dan untuk apa dan siapa kita berbisnis. Kita perlu untuk menentukan target spesif spesifik kita dalam berdagang. Kita harus menentukan siapa yang kita targetkan, dimana tempatnya dan berapa harga yang perlu ditentukan agar bisa dijangkau oleh orang yang kita targetkan. Tanpa perencanaan yang jelas, Anda bisa dibuat bingung oleh bisnis Anda sendiri. Anda menjadi bingun dengan apa yang harus dilakukan sehingga berdagang dengan cara yang salah dan bisnis Anda tidak berjalan dengan baik.
Anda perlu meluangkan waktu lebih untuk menganalisis pasar Anda. Anda perlu perencanaan yang matang sebelum menjual produk Anda.

5.       Menjual sesuai dengan keinginan diri sendiri bukan keinginan konsumen.

Orang-orang atau konsumen peduli dengan bisnis yang dapat membantu mereka. Tetapi sebagian besar pengusaha mencoba untuk menjual produk dan jasa sesuai dengan pengalaman dan keahlian mereka. Mereka percaya bahwa orang ingin membayar untuk apa yang sudah kita ketahui. Mereka ingin memberikan hasil sesuai dengan cara mereka sendiri sehingga menghasilkan produk dan jasa sesuai dengan keinginan mereka juga bukan keinginan konsumen.

Jika ingin bisnis Anda sukses dan kaya, Anda perlu mendalami keinginan konsumen Anda. Anda harus menyadari secara mendalam apa yang sedang diinginkan pasar. Konsumen Anda adalah raja pasar Anda. Pasar adalah tentang mereka. Anda harus mencari cara untuk mensurvei mereka atau berbicara dengan mereka tentang apa yang mereka butuhkan atau inginkan.


DEMIKIAN adalah informasi penting kesalahan-kesealahan yang jangan sampai Anda buat. Berbisnis bukanlah hanya mencoba tanpa memikirkannya secara matang. Banyak hal-hal yang harus kita perhatikan agar bisnis bisa berjalan dengan baik dan berkelangsungan. God Bless You All
Previous
Next Post »