Untuk mengharmonisasikan jalan cerita sebuh bisnis yang
dimana ceritanya adalah mengembangkan, memproduksi dan menjualnya,
manajer-manajer sangatlah perlu melakukan langkah-langkah penuh ritme yang
indah yang dimulai dari planning,
organizing, staffing, directing, dan controlling. Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa
sebelum pebisnis atau seorang manajer ingin menjalankan sebuah usaha, maka
diperlukannya langkah-langkah tadi. Dan sekarang, kita akan kupas satu-satu
dari langkah-langkah ritme yang indah tersebut.
#Planning.
Proses untuk menentukan langkah objektif dan menentukan
sebuah keputusan, adalah fungsi atau tugas dari seorang manajer yang handal.
Perencanaan adalah sebuah aktivitas yang krusial dimana perencanaan tersebut
adalah sebuah map dasar atau blueprint
untuk membangun sebuah bangunan.
Dalam membangun sebuah rencana, sangatlah
penting untuk memperkirakan sesautu dan memutuskan yang terbaik dari semua
pilihan-pilihan terbaik yang sudah dikumpulkan.
Untuk mengembangkan sebuah bisnis kecil menjadi sebuah
perusahaan korporasi yang mengendalikan pasar dunia, sangatlah diperlukannya
pengembangan sebuah rencana demi tercapainya kesuksesan yang diinginkan. Akan
tetapi, sebelum organisasi ingin membuat sebuah rencana yang pasti demi aksi
yang pasti juga, hal-hal ini perlu untuk dipertimbangkan dan ditentukan
terlebih dahulu, check this out.
Mission. Misi
adalah sebuah impian besar atau sebagai sebuah filosofi dasar untuk membangun
sebuah perencanaan. Sebuah misi yang baik akan membuat suatu organisasi atau
sebuah perusahaan akan terus selalu ada karena misi yang baik demi kebaikan
orang, dapat membuat organisasi/perusahaan tersebut selalu menyala dan berkobar
asalkan dapat dicapai dengan pemikiran yang logis juga. Tidak peduli apa
industri dan perusahaannya, jika mereka ingin menentukan apa misi mereka,
mereka harus menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu.
1.
Siapa kita?
2. Siapa Pelanggan Kita?
3.
Apa Filosofi Kita?
4.
Apa Keuntungan dari adanya kita dan lawan bisnis kita?
5.
Apa respon hormat kita terhadap lingkungan, finansial, dan sumber daya manusia?
Goals. Sebuah
tujuan adalah sebuah hasil akhir yang diharapkan oleh sebuah perusahaan. Setiap
perusahaan juga bisa layaknya seperti manusia yang bisa mempunyai beberapa
tujuan yang ingin dicapai. Akan tetapi, dari berbagai macam tujuan yang ingin
dicapai, tujuan-tujuan tersebut bisa dikelompokkan menjadi 3, atribut yang ingin dicari seperti
keuntungan, kepuasan konsumen dan kualitas produk; target yang ingin dicapai, seperti berapa penjualan yang ingin
dicapai bulan depan; bingkai waktu yaitu,
tenggat waktu yang diperkirakan untuk mencapai tujuan.
Objctives. Suatu
hasil akhir yang sudah dirangkai dalam suatu misi adalah objektivitas.
Perbedaan suatu objek dengan tujuan adalah objek adalah sesuatu yang bisa
dicapai dengan realistis saat kondisi sekarang yang dialami, dan tujuan terkadang
tidak bisa.
Plans. Jika ingin
mencapai sebuah tujuan, tidak mungkin kita hanya menunggu dan tidak melakukan
apa-apa. Tujuan hanya bisa dicapai jika kita sudah menyusun rencana.
Rencana-rencana tersebut perlu disusun dari sektor luas yang dimana mencapai
keseluruhan strategi atau keseluruhan aksi. Jika sudah menyusunnya dari sektor
luas, rencana tersebut perlu dikecilkan lebih sedikit lagi menjadi rencana yang
lebih spesifik dan dapat diimplementasikan.
#Organizing.
Untuk mencapai cara yang efektif dan efisien, kita perlu
untuk mengorganisir seluruh sumber daya yang ada dan aktivitas agar semuanya
dapat mempunyai struktur yang baik. Para manajer mengorganisir semuanya dengan
melihat kembali rencana-rencana yang sudah dibuat dan menentukan akitivitas-aktivitas
apa saya yang diperlukan untuk mengimplementasi rencana tersebut.
Mengorganisir dapat membantu kita menciptkan sinergi dari
keseluruhan sistem yang ada. Mengorganisir juga dapat membantuk kita menentukan
otoritas yang perlu diambil dan dapat meningkatkan komunikasi yang baik.
#Staffing.
Setelah manager sudah menentukan apa yang harus dikerjakan
dan sudah menyusunnya dengan baik, manager harus memastikan bahwa dia mempunyai
cukup pegawai dengan kemampuan teknis dan intelektual yang dibutuhkan. Manajer
juga harus mengetahui jumlah pegawai yang perlu dibutuhkan.
Manager yang handal
perlu untuk menentukan pegawai-pegawai dengan skill tertentu untuk dipekerjakan
di pekerjaan tertentu juga. Manager juga mengetahui bagaimana cara untuk
memotivasi dan train employees, dan
berapa gaji yang harus dibayar.
#Directing.
Setelah manager sudah menerima dan menentukan karyawan yang
dibutuhkannya, dia perlu untuk mengarahkan karyawan-karyawannya ke arah yang
lebih baik. Dia perlu untuk memotivasi dan memimpin karyawannya demi mencapai
hasil apik yang objektif. Pengarahan yang baik bisa dilakukan dengan
memberitahu apa yang harus dilakukan dan kapan harus melakukannya melalui
implementasi deadline dan menyemangati mereka untuk melakukan pekerjaannya.
Dalam memberikan pengarahan yang baik, kita juga perlu
menentukan hadiah dan pengakuan apa yang pantas diberikan kepada pegawai yang
sudah melakukan kontribusi lebih perusahaan dan Anda sebagai manager.
#Controlling.
Perusahaan
perlu selalu dikontrol agar dapat terus dievaluasi dan dikoreksi setiap
aktivitas-aktivitas demi menjaga perusahaan tersebut berada dijalan yang benar.
Controlling dapat menjadi 5
aktivitas, 1. Mengukur kemampuan
2.Membandingkan
kemampuan dengan standar lain
3. Dapat
mengidentifikasi penyimpangan yang terjadi.
4.Menyelidiki
penyebab dari penyimpangan tersebut.
5. Dan
menentukan langkah apa yang perlu diambil.
Apakah Anda adalah seorang manajer perusahaan besar ataupun
kecil, jika Anda mengharapkan usaha atau organisasi Anda berjalan dengan baik,
maka alur ritme yang indah perlu untuk dijalankan demi mencapai tujuan yang
harmoni. God Bless You All.
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon