Cara Menjadi Pengusaha Hebat Rendah Hati Yang Disegani

Kerendahan hati adalah salah satu hal dalam hidup yang diakui semua orang sebagai sifat yang berharga, tapi seringkali kerendahan hati selalu tidak dihargai dan tidak diketahui semua orang. 

Orang yang kurang rendah hati biasanya suka atau hobi untuk merayakan kesuksesannya dan suka membanggakan kemampuannya.

Jika Anda sebagai karyawan mendapatkan seorang manajer yang hebat dan juga rendah hati, maka itu adalah sebuah keberuntungan bagi Anda. Akan tetapi jika manajer Anda seseorang yang lebih “menunjukkan” dirinya di lampu sorot terus menerus tanpa memperhatikan organisasi dimana Anda berada, maka organisasi tersebut dalam bahaya dan bahkan Anda sendiri juga dalam bahaya.

Memang kita sebagai manusia jika menerima pujian yang tulus bisa menjadi sebuah pemicu bagi kita untuk terus melakukan yang terbaik lagi. Akan tetapi jika pujian-pujian tersebut malah membuat orang tersebut menjadi orang yang “tidak tahu” diri, maka orang tersebut malah merendahkan dirinya sendiri. Jadi kerendahan hati sangatlah penting dimiliki semua orang, dan juga bagi seorang manajer.

Jadi bagaimana sifat-sifat yang harus kita punya/latih dan dapat mengeluarkan sisi terbaik tim Anda.

#Terbuka Terhadap Ide. Seorang leader hebat yang rendah hati tahu bahwa mereka tidak bisa melakukan semuanya sendiri dalam mencari jawaban-jawaban yang “pas” bagi organisasinya, jadi dia mendengar dengan seksama ide-ide brilian dari anak buahnya. Dia juga menyadari pasti selalu ada informasi-informasi penting yang dimiliki oleh anak buahnya, jadi dia tetap mengandalkan anak buahnya. Kondisi kondusif seperti ini dapat membuat ide-ide atau solusi terlihat lebih cerah dan baik juga dalam mengambil keputusan bersama.

#Perhatian Terhadap Orang Lain.  Menaruh perhatian pada orang lain adalah tanda dari kerendahan hati. Bagi pemimpin yang hebat, menaruh perhatian pada anak buahnya dalah suatu  benefit bagi organisasinya. Dengan menaruh perhatian lebih dalam, mereka dapat dengan mudah mengenali anak buahnya dan ada “kemungkinan” anak buahnya akan menaruh perhatian kembali kepada sang leader.

Pemimpin yang baik adalah pemimin yang memperhatikan kesuksesan anak buah dan memastikan bahwa mereka sudah terlatih dengan baik, dapat melihat bahwa mereka mempunyai “peralatan” yang bagus untuk menyelesaikan pekerjaan dan mengenali usaha mereka dan berusaha untuk memberikan mereka keterampilan yang lebih bagi anak buahnya. Sifat manajer/leader seperti ini dapat menciptakan kesehatan dan kesuksesan bagi organisasi.

#Mengakui Kesalahan. Salah satu ciri-ciri orang sombong adalah tidak mau mengakui kesalahannya sendiri. Orang yang sombong adalah orang-orang yang sudah melakukan banyak kesalahan tapi masih merasa bahwa dirinya lah yang hebat, sehingga terlalu banyak tekanan dalam hidupnya dan tidak damai. Jika Anda ingin kedamaian dalam kehidupan Anda, akuilah dulu kesalahan Anda dan sepakat agar tidak mengulanginya lagi. Salah satu ciri leader hebat yang rendah hati adalah jika dia melakukan kesalahan, dengan segera dia mengakuinya dan dengan segera juga di memperbaikinya sehingga membuat dirinya menjadi berkualitas.

Ada 3 cara tambahan lagi untuk memperingatkan Anda sebagai leader untuk merendahkan diri Anda dan jadi rendah hati.
·     
Anda bukanlah seorang diri yang menemukan jawaban-jawaban yang bagus demi organisasi Anda, melainkan anak buah Anda juga ikut serta.
·        
Organisasi Anda dan Anda sebagai leader tidak akan pernah sukses jika tanpa anak buah Anda, anak buah Anda adalah fondasi dari bangunan organisasi Anda. Semakin fondasi bangunan tersebut kuat, maka bangunan tambah kuat juga.
·       
  Leader-leader hebat yang lahir di dunia juga mempunyai kesalahan-kesalahan besar dan mereka memperbaikinya dengan baik. Jika Anda adalah seorang manajer, Anda tidak berbeda dengan mereka. Anda harus percaya, meskipun Anda seorang leader, Anda juga manusia dan Anda juga pernah membuat kesalahan. Dengan mengakuinya, Anda adalah seorang leader yang hebat.


Sangat menarik dengan apa yang terjadi sekarang ini, banyak leader-leader sombong yang menginginkan kesuksesan dengan sesuai keinginannya dan dengan cara keinginannya sendiri, malah menghancurkan rencananya tersebut. Itu adalah buah hasil dari kesombongan. God Bless You All.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments