4 Cara Unik Untuk Memulai Usaha Tanpa Modal

Apakah Anda bertanya-tanya tentang bagaimana membangun sebuah bisnis yang besar dimana pada saat kondisi keuangan Anda sedang mengecil atau memburuk. Bagaimana Anda akan memulai bisnis yang besar jika keuangan satu keluarga saja hanya cukup untuk kehidupan sehari-hari. Terkadang ide-ide bisnis hebat datang pada saat keuangan kita tidak memadai. Banyak orang yang akan mengatakan bahwa membangun bisnis begitu mudah hanya dengan bantuan keluarga atau teman dekat.

Akan tetapi kenyataannya, berhubungan dengan keluarga atau teman dekat tidak membantu kita untuk berkembang karena kita hanya bergerak di satu tempat yaitu lingkungan awal kita dimana kita lahir dan tumbuh. Bisnis bisa berjalan pada saat si pengusaha sudah meninggalkan zona nyaman dan berkembang lebih baik.

Pada kenyataannya, Anda tidak perlu memelukan modal dalam membangun bisnis, Jika Anda ingin memulai bisnis, percayalah bahwa uang bukan segalanya. Anda bisa membeli ini dan itu tanpa uang. Anda tidak perlu memerlukan seorang investor besar untuk memulai usaha.

Kata "gratis" memang sesuatu yang indah kedengarannya di telinga kita. Tapi yang ada hanyalah orang gila yang mau mengerjakan segala sesuatunya gratis. Banyak orang-orang yang mau bekerja dengan bayaran sesuai dengan permintaan mereka, akan tetapi kemampuan dan otak mereka tidak sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan.

Nah, jika sudah begitu yang pasti Anda adalah pengangguran dan otomatis pengangguran tidak mempunyai uang yang begitu banyak. Disini si pengangguran sudah diserang oleh berbagai penyakit seperti stress, gelisah, rasa takut akan masa  depan dan lain-lain. Sebenarnya mereka masih punya 2 jalan, yaitu mengemis atau berwirausaha. Kalo untuk menjadi pengemis, mohon maaf saya tidak bisa memberikan Anda saran, tapi kalo jadi pengusaha saya rasa bisa karena hal ini sudah terbukti oleh saya sendiri yang sedang ingin membangun bisnis dengan kondisi keuangan yang kecil.

Ini dia kelima tips tersebut :

1.Berpikir untuk mencari teman di luar zona nyaman Anda.

Menurut saya ini adalah salah satu poin "paling" terpenting yang perlu kita lakukan. Dalam berbisnis, bantuan keluarga dan teman dekat sangatlah tidak cukup. Karena keluarga dan teman terdekat kita adalah biasanya orang-orang yang mempunyai pola pikir dan pengetahuan yang "hampir" sama dengan kita, sehingga jika terus-terusan bergumul dengan mereka yang ada kita hanya berjalan di tempat.

Mencari rekan bisnis bukan berarti "apa sih yang bisa saya dapatkan dari dia?". Mencari rekan otomatis juga mencari teman dan mungkin bisa jadi sahabat. Kita tidak boleh hanya berpikiran apa menguntungkan dari rekan kita tersebut. Kita juga harus berpikir dari sudut pandang mereka yang dimana kita juga harus berperilaku dan menaruh minat pada orang tersebut.

Dengan bermitra, kita bisa mendapatkan ide-ide, waktu serta tenaga mereka secara gratis. Sehingga memulai usaha pun juga dilakukan dengan gratis.

Menurut saya, carilah rekan-rekan yang bergerak di bidang properti. Jika Anda bisa menjadi seorang agen properti, bayangkan Anda berhasil menjual rumah dengan harga 1 milyar dan mendapatkan minimal hasil komisi 2,5% yang dimana Anda mendapatkan 25 juta.

Baca: Tips-tips menjadi agen gratis properti

2. Memiliki Ide yang bagus.

Tidak ada seorang pun yang mau berbisnis dengan seseorang yang mempunyai ide setengah matang. Orang yang mempunyai ide setengah matang adalah orang yang bisa dibilang tidak mempunyai kepribadian yang teliti. Dalam berbisnis sangatlah diperlukannya ketelitian yang mendalam agar ide-ide kita menjadi sesuatu yang cemerlang dan dapat diimplementasikan dengan begitu mudahnya. Jika Anda mempunyai sebuah ide, tanyakanlah kepada keluarga, teman terdekat Anda atau mitra Anda. Pendapat dari mereka sangatlah baik untuk kita jadikan evaluasi dan mungkin dapat kita kombinasikan dengan ide-ide kita sehingga memunculkan ide-ide baru yang lebih baik.


3. Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan.

Memberikan kepercayaan kepada orang lain adalah memang salah satu rintangan yang tersulit yang perlu kita hadapi. Banyak godaan-godaan yang terkadang bisa membuat kita untuk membohongi mitra kita sendiri. Anda perlu memprioritaskan untuk menjaga kredibilitas Anda sebagai orang yang terpercaya pada saat Anda meminta orang lain untuk memberikan uang, tenaga dan waktu mereka bagi Anda. Satu kepercayaan sangatlah mahal harganya, jika sudah hilang maka kemungkinan tidak ada kepercayaan kedua.

Jika Anda sudah mempunyai kesuksesan bisnis di bidang lain, ceritakanlah kepada mitra baru Anda. Bukannya untuk menyombongkan diri, akan tetapi secara psikologis hal itu memberikan suatu dorongan bagi si calon mitra untuk bekerja untuk Anda. Mau bukti? bayangkan seorang Bill Gates mengajak Anda untuk bekerja sama, apa yang Anda rasakan?

4. "Juallah" diri Anda semenarik mungkin.

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan menjadikan dan memasarkan diri Anda semenarik mungkin. memang ada pepatah "Jangan melihat buku dari sampulnya", akan tetapi jika Anda ingin berbelanja di sebuah supermarket, pasti yang pertama Anda lihat adalah kemasannya dulu untuk menentukan produk tersebut itu apa dan apakah ingin dibeli. Percayalah, sistem kemasan suatu produk memberikan suatu efek psikologis bagi si pembeli. Kemasan luar sangatlah penting untuk mempengaruhi calon pembeli yang ingin membeli produk kita.

Baca: Tips Menarik Cara Memasarkan Diri

Apakah Anda sedang ingin memulai atau sedang menjalankan bisnis yang sudah ada, percayalah bahwa uang bukanlah satu-satunya jalan keluar. Bisnis bukanlah hanyalah masalah uang dan keuntungan akan tetapi bisnis juga bergabung dengan masalah kepercayaan dan sosial

Aspek kepercayaan dan sosial tersebutlah yang perlu kita manfaatkan sebaik mungkin. Banyak mitra-mitra potensial yang bisa kita temukan di dunia bahkan di Indonesia ini. Bisa saja mitra potensial Anda sedang makan bakso dengan Anda, mengerjakan tugas kuliah dengan Anda, tertawa bersama dengan Anda.

Banyak orang lain yang sedang seperti Anda dan berusaha untuk mencari rekan-rekan berpotensial seperti Anda, jadi jika Anda sudah menemukan mitra yang berpotensial menurut Anda, jangan menyia-nyiakannya begitu saja. God Bless You All

Baca : Website Manajemen yang sangat menginspirasi saya.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments