Bertemanlah Agar Bisnis Anda Sukses

 Kita semua tahu bahwa mempunya teman atau seorang kenalan adalah hal yang sangat penting dalam hidup kita. Berinteraksi adalah salah satu kebutuhan utama bagi kita para manusia karena mau sehebat apapun kita, kita pasti membutuhkan orang lain. Tanpa mengenal orang mungkin kita akan kesulitan dalam hal mendapatkan izin usaha, klien, penjualan, pekerjaan, atau karyawan yang tepat.
Seorang pembicara terkenal yang bernama Harvec Mackey mengatakan, “Tak peduli betapa pintar Anda dan betapa berbakat Anda, tetap saja Anda tidak dapat melakukan semua sendirian.” Selain dari yang kita temukan dari kehidupan pribadi, sejumlah studi dan penelitian di AS juga menegaskan pentingnya jejaring dalam bisnis. Dalam satu studi terhadap 733 jutawan AS, hampir semua responden (94 persen) mengyebutkan,”bergaul dengan orang (jejaring).”sangatlah penting atau penting dalam menjelaskan kesuksesan mereka dalam menjalankan usaha. Sedangkan hanya 31 persen saja yang merasa, “memiliki IQ tinggi atau intelegensi unggul.”itu sangat pentin atau penting.
Jejaring merupakan hal yang sangat penting dan bukan hanya penting dalam dunia bisnis. Dalam artikel Harvard Business Review pada tahun 1993 yang judulnya, “How Bell Labs Creates Star Performers”, Robert Kelley dan Judith Caplan menulis tentang studi yang mereka lakukan terhadap para insinyur di laboratorium penelitian besar untuk menentukan sifat-sifat apa yang membedakan 15-20 persen orang yang dinominasikan oleh rekan kerja mereka sebagai “bintang” dengan pekerja yang menunjukkan kinerja biasa-biasa saja. Salah satu hal terpenting yang ditemukan adalah “hubungan dengan jejaring orang-orang kunci”. Ditemukan bahwa berbagai hal berjalan mulus bagi para “bintang” karena mereka pintar meluangkan waktu mereka untuk membangun jaringan yang baik dan kondusif dengan orang-orang yang dapat membantu dalam karir mereka. Hal ini mematahkan keyakinan bahwa keunggulan akademis atau intelegensi yang tinggi adalah hal yang terpenting dalam suatu kesuksesan. Dalam dunia dewasa ini, Harvey Mackey, “Membangun jejaring mungkin bukan ilmu roket, tapi studi membuktikan membangun jejaring itu bermanfaat bagi ilmuwan roket.” Kita semua perlu membangun jaringan (dalam hal bisnis) untuk hal-hal berikut ini :
·         Jika kita mempunyai teman yang sukses, kita bisa meminta pertolongan mereka agar mereka membantu untuk membangun bisnis kita seperti memberikan uang pinjaman tanpa bunga hehe
·         Mengetahui cara prestasi mereka yang sudah sukses agar kita dapat mendapatkan cara dan profil yang kita butuhkan agar berhasil
·         Mengetahui perkembangan-perkembangan terkini dari teman kita yang sudah sukses agar kita dapat memnfaatkan segala kemungkinan-kemungkinan yang ada.
Sudah jelas bahwa mempunyai seorang kenalan atau teman sangat berpengaruh bagi kesuksesan kita, terutama dalam hal bisnis. Tapi kita juga harus hati-hati agar tidak mendapatkan teman yang berlaku curang terhadap kita. God Bless You All.

First