Tips-Tips Menggelegar Agar Anda Tidak Menjadi Anti Sosial

Di China, banyak orang menyamakan bahwa untuk membangun suatu jaringan yang baik adalah dengan memberikan barang mahal. Namun, cara ini tidak selalu berhasil dan sudah banyak kita temukan bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika China sudah mulai berkembang, para regulator membuat Undan-Undang Anti Korupsi yang lebih efektif dan memberikan hadiah apalagi yang mahal sudah tidak diperbolehkan lagi di negara maju. Selain itu hubungan-hubungan atau jaringan-jaringan yang dibangun berdasarkan hadiah yang mahal cenderung lemah dan rapuh sehingga mudah putus dikarenakan sifat barang yang tidak abadi.
Kita bisa membangun suatu hubungan atau jaringan bukan hanya dengan memberikan hadiah yang mahal melainkan dengan sifat-sifat dasar manusia yang menginginkan komunikasi. Berikut adalah elemen-elemen penting yang baik dalam hal membangun jaringan.

#Peletakan Minat Kepada Orang Lain. Dale Carnegi, penulis buku klasik How to Win Friends and Influence People mengatakan, “Anda dapat memiliki lebih banyak teman dalam dua bulan dengan menaruh minat kepada orang lain dibandingkan jumlah teman yang akan anda miliki dalam dua tahun dengan membuat orang lain tertarik kepada Anda... untuk jadi menarik, tertariklah pada orang lain.” Dan seorang pembicara terkenal, Harvey Mackay mengatakan, “Cara untuk memiliki teman adalah dengan menjadi seorang teman.”

#Rasa Humor. Para konektor atau pembangun jejaring yang baik sering menggunakan rasa humor pada diri sendiri untuk membangun jaringan yang baik. Mereka menceritakan kisah lucu atau menertawakan tentang hal memalukan tentang diri sendiri. Humor menertawakan diri sendiri adalah hal yang baik untuk membuat keadaan menjadi santai karena tidak mengolok-olok orang lain. Tetapi jika humor itu dipaksakan seperti mengatakan, “Hey teman-teman saya akan membuat cerita yang sangat lucu” Hal itu pastinya akan memalukan jika terjadi hal yang sebaliknya.

#Tetap Bertahan. Walaupun pada awalnya memang sangat tidak nyaman, Anda harus meyakinkan diri bahwa hal ini sangatlah berguna bagi kita semua. Setiap melepaskan kesempatan untuk berteman, hal itu sama saja anda melepaskan suatu peluang yang mungkin saja peluang emas. Semakin Anda melakukannya, semakin mudah jadinya

#Mengulurkan Bantuan. Hal ini bisa dibilang “Hukum Timbal Balik”. Jika kita sudah ditolong orang lalu tidak mengucapkan terima kasih hal itu seperti hal yang nista. Dan bukan berarti jika dia belum menolong lalu kita tidak akan menolongnya. Mengulurkan bantuan adalah salah satu hal yang membuat hubungan menjadi sangat kuat.
Berteman adalah hal yang sangat penting terutama dalam membangun bisnis. Tetapi dunia sekarang sudah menjadi jahat jadi saya harap berhati-hati dalam memilih teman apalagi dalam membangun bisnis. God Bless You All.

Previous
Next Post »