Sudah tidak bisa
dihindarkan lagi pada saat era sekarang ini apa yang terjadi di dalam
peperangan dunia bisnis (bukan dor dor loh). Banyak yang menggunakan
siasat-siasat yang mencengangkan hanya demi produknya dapat dikenal oleh
masyarakat luas di Indonesia atau di
dunia ini.
Saya sendiri
bahkan sudah bosan melihat iklan-iklan di Tv yang sudah banyak menayangkan
begitu banyak iklan-iklan produk di tv yang begitu ragamnya. Mungkin
saudara-saudari yang di rumah memiliki pikiran yang sama dengan saya “nih iklan
kok lebih lama dari acaranya ya?” mungkin ada yang merasa seperti itu? Saya
adalah salah satu orang yang merasakan bahwa iklan-iklan di tv sudah terlalu
banya mengganggu waktu saya untuk menonton acara kesukaan saya.
Saya sendiri sihh
tidak bermasalah jika iklan tersebut ada, akan tetapi yang saya permasalahkan
adalah kenapa mereka rela mengeluarkan duit yang begitu banyak dari saku mereka
dan membuat jumlah iklan yang sangat banyak sehingga kita para penonton harus
rela menunggu sedikit lebih lama untuk menantikan acara kesukaan kita setiap
jedanya.
Dari sini saja
yang sudah saya ceritakan seperti di atas mungkin Anda sudah mempunyai gambaran
bahwa dalam menjalankan bisnis tidak bisa kebanyakan santai-santai saja
diperlukannya kekuatan yang memadai.
Kita perlu melakukan banyak inovasi seperti iklan untuk memenangkan kompetisi
dengan para kompetitor kita.
Nahh disini saya
ingin memberikan penjelasan tentang berbagai macam kekuatan yang ada di dalam
bisnis dan dapat memperkuat bisnis tersebut.
Sebenarnya sih
banyak macam-macam kekuatan yang berada dalam bisnis, akan tetapi saya akan
memberikan penjelasan secara mendasar dan umumnya saja.
Kekuatan tersebut
ada 5 yaitu produk, merek, pemasaran dan iklan, penjualan dan distribusi,
operasional.
#Kekuatan Produk. Sudah pasti kekuatan produk adalah salah satu elemen yang penting dalam kekuatan bisnis. Kekuatan jenis adalah jenis kekuatan yang sudah pastinya berbentuk nyata dan dapat dilihat secara langsung oleh si konsumen.
Pada
kenyataannya, ada banyak sekali cara untuk membangun kekuatan produk yang kita
miliki seperti meningkatkan kualitas yang lebih baik daripada para kompetitor;
produk yang kita miliki terdapat di berbagai jaringan distribusi; produk kita
berharga lebih rendah daripada kompetitor dan lain sebagainya yang masih banyak
lagi.
Untuk membangung
kekuatan produk ini, sudah jelas harus dititik beratkan pada bagian inovasi.
Seperti yang terjadi antara Nokia dan Samsung. Pada jaman saya SD, Samsung
sangatlah tidak berarti dan Nokia menjadi barang idola para kaum muda dan kaum
tua.
Akan tetapi kita
sekarang bisa merasakannya sendiri betapa begitu tertinggalnya Nokia dan hanya
bisa mengejar bayang-bayang Samsung. Sunggu ironi bukan?
#Kekuatan
Merek. Kategori kekuatan ini sebenarnya hampir mirip dengan kekuatan
produk, akan tetapi kekuatan jenis ini ditekankan pada kekuatan merek
seluruhnya bukan pada kekuatan produk secara spesifik. Produk-produk yang
spesifik biasanya berbagi kekuatan merek dengan asosiasi yang ditimbulkan.
Sebuah merek dapat terkenal karena kualitasnya, harga, inovasi, status, dan
lain sebagainya yang membuat merek tersebut menarik dan terkenal
Contoh, merek
Samsung dikenal dengan kualitas yang tinggi dan inovasi-inovasinya yang menarik
sehingga membuat masyarakat Indonesia yang gila smartphone menjadi tergila
dengan merek yang satu ini. Samsung mempunyai berbagai produk-produk yang
berbeda yang juga dianggap berkualitas tinggi. Samsung dapat berhasil karena
membagi kekuatannya dengan asosiasi.
Sudah pasti
kekuatan merek menjadi sesuatu yang bernilai bagi suatu perusahaan bahkan
sangat bernilai. Dengan kekuatan merek, suatu perusahaan yang begitu lama sudah
dibangun dan mempunyai kekuatan merek yang kuat di mata masyarakat otomatis
sangat sudah untuk dijatuhkan.
Contoh : banyak
cafe-cafe yang menyediakan berbagai hidangan kopi yang begitu enak dan elegan,
akan tetapi Anda bisa merasakan perbedaan jika membeli di Starbuck. Saya yakin
ada perbedaan sendiri jika Anda beli disitu yang sudah pasti adalah karena
masalah gengsi.
#Kekuatan
Pemasaran dan Iklan. Nah saya pikir saya sudah menyinggung bagian ini
di awal artikel saya ini. Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa kekuatan ini
sangatlah penting keberadaannya. Banyak perusahaan-perusahaan yang mengetahuin
bagaimana cara memasarkan yang baik dan tidak.
Kampanye iklan
dan pemasaran memanglah sangatlah penting bagi kehidupan produk yang sudah
dibuat. Iklan-iklan dan tipe pemasaran dapat membuat produk tersebut “muncul”
ke permukaan dan dapat dikenal orang dengan baik asalkan kita menginklankannya
dengan benar dan penuh tanggung jawab.
Seperti yang bisa
kita bedakan kekuatan iklannya seperti antara Yakult dan Vitacharm.
Pikirkan apa yang
membedakan mereka sebegitu mendalamnya padahal kan mereka sama-sama susu
fermentasi yang bahkan Anda sendiri pun dapat membuatnya.
YAPPPP yang
membedakan 2 produk tersebut adalah iklannya. Pemenangnya disini adalah Yakult.
Apakah Yakult lebih daripada Vitacharm? Hal itu adalah paradigma yang sudah
dibangun oleh orang-orang bagian marketing di dalam perusahaan Yakult tersebut.
#Kekuatan
Penjualan dan Distribusi. Jika tenaga armada penjualan Anda dapat
membuat barang Anda distok lebih banyak dan meninggalkan para kompetitor Anda,
hal itu berarti Anda sudah mengidentifikasi salah satu kekuatan bagian
penjualan. Kemampuan untuk menjadikan barang Anda distok atau dalam kasus
penjualan langsung dan dapat melakukan penjualan ke konsumen langsung, hal itu adalah
sebuah keharusan. Jika Anda dapat melakukannya lebih baik daripada kompetitor
Anda, maka hal itu adalah kekuatan
Anda.
#Kekuatan
Operasional. Kekuatan kategori ini adalah kekuatan yang berlangsung di
belakang layar. Jika Anda dapat mengapalkan produk Anda dengan lebih cepat
sehingga dapat meninggalkan kompetitor Anda, itu adalah kekuatan operasional
yang sudah Anda pegang. Begitu juga jika Anda dapat melakukan operasi gudang
yang lebih baik, itu juga adalah kekuatan Anda.
Sekian itu adalah
yang dapat saya jelaskan tentang apa saja macam-macam kekuatan bisnis secara
mendasar dan secara umumnya. Semoga informasi ini dapat membuat Anda memahami
kekuatan bisnis Anda berada di sebelah mana dan dapat memanfaatkannya sebaik
mungkin. God Bless You All.
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon