Selidikilah Kekuatan Bisnis Anda

Sudah tidak bisa dihindarkan lagi pada saat era sekarang ini apa yang terjadi di dalam peperangan dunia bisnis (bukan dor dor loh). Banyak yang menggunakan siasat-siasat yang mencengangkan hanya demi produknya dapat dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia  atau di dunia ini.
Saya sendiri bahkan sudah bosan melihat iklan-iklan di Tv yang sudah banyak menayangkan begitu banyak iklan-iklan produk di tv yang begitu ragamnya. Mungkin saudara-saudari yang di rumah memiliki pikiran yang sama dengan saya “nih iklan kok lebih lama dari acaranya ya?” mungkin ada yang merasa seperti itu? Saya adalah salah satu orang yang merasakan bahwa iklan-iklan di tv sudah terlalu banya mengganggu waktu saya untuk menonton acara kesukaan saya.
Saya sendiri sihh tidak bermasalah jika iklan tersebut ada, akan tetapi yang saya permasalahkan adalah kenapa mereka rela mengeluarkan duit yang begitu banyak dari saku mereka dan membuat jumlah iklan yang sangat banyak sehingga kita para penonton harus rela menunggu sedikit lebih lama untuk menantikan acara kesukaan kita setiap jedanya.
Dari sini saja yang sudah saya ceritakan seperti di atas mungkin Anda sudah mempunyai gambaran bahwa dalam menjalankan bisnis tidak bisa kebanyakan santai-santai saja diperlukannya kekuatan yang memadai. Kita perlu melakukan banyak inovasi seperti iklan untuk memenangkan kompetisi dengan para kompetitor kita.
Nahh disini saya ingin memberikan penjelasan tentang berbagai macam kekuatan yang ada di dalam bisnis dan dapat memperkuat bisnis tersebut.
Sebenarnya sih banyak macam-macam kekuatan yang berada dalam bisnis, akan tetapi saya akan memberikan penjelasan secara mendasar dan umumnya saja.
Kekuatan tersebut ada 5 yaitu produk, merek, pemasaran dan iklan, penjualan dan distribusi, operasional.

#Kekuatan Produk. Sudah pasti kekuatan produk adalah salah satu elemen yang penting dalam kekuatan bisnis. Kekuatan jenis adalah jenis kekuatan yang sudah pastinya berbentuk nyata dan dapat dilihat secara langsung oleh si konsumen.
Pada kenyataannya, ada banyak sekali cara untuk membangun kekuatan produk yang kita miliki seperti meningkatkan kualitas yang lebih baik daripada para kompetitor; produk yang kita miliki terdapat di berbagai jaringan distribusi; produk kita berharga lebih rendah daripada kompetitor dan lain sebagainya yang masih banyak lagi.
Untuk membangung kekuatan produk ini, sudah jelas harus dititik beratkan pada bagian inovasi. Seperti yang terjadi antara Nokia dan Samsung. Pada jaman saya SD, Samsung sangatlah tidak berarti dan Nokia menjadi barang idola para kaum muda dan kaum tua.
Akan tetapi kita sekarang bisa merasakannya sendiri betapa begitu tertinggalnya Nokia dan hanya bisa mengejar bayang-bayang Samsung. Sunggu ironi bukan?
#Kekuatan Merek. Kategori kekuatan ini sebenarnya hampir mirip dengan kekuatan produk, akan tetapi kekuatan jenis ini ditekankan pada kekuatan merek seluruhnya bukan pada kekuatan produk secara spesifik. Produk-produk yang spesifik biasanya berbagi kekuatan merek dengan asosiasi yang ditimbulkan. Sebuah merek dapat terkenal karena kualitasnya, harga, inovasi, status, dan lain sebagainya yang membuat merek tersebut menarik dan terkenal
Contoh, merek Samsung dikenal dengan kualitas yang tinggi dan inovasi-inovasinya yang menarik sehingga membuat masyarakat Indonesia yang gila smartphone menjadi tergila dengan merek yang satu ini. Samsung mempunyai berbagai produk-produk yang berbeda yang juga dianggap berkualitas tinggi. Samsung dapat berhasil karena membagi kekuatannya dengan asosiasi.
Sudah pasti kekuatan merek menjadi sesuatu yang bernilai bagi suatu perusahaan bahkan sangat bernilai. Dengan kekuatan merek, suatu perusahaan yang begitu lama sudah dibangun dan mempunyai kekuatan merek yang kuat di mata masyarakat otomatis sangat sudah untuk dijatuhkan.
Contoh : banyak cafe-cafe yang menyediakan berbagai hidangan kopi yang begitu enak dan elegan, akan tetapi Anda bisa merasakan perbedaan jika membeli di Starbuck. Saya yakin ada perbedaan sendiri jika Anda beli disitu yang sudah pasti adalah karena masalah gengsi.

#Kekuatan Pemasaran dan Iklan. Nah saya pikir saya sudah menyinggung bagian ini di awal artikel saya ini. Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa kekuatan ini sangatlah penting keberadaannya. Banyak perusahaan-perusahaan yang mengetahuin bagaimana cara memasarkan yang baik dan tidak.
Kampanye iklan dan pemasaran memanglah sangatlah penting bagi kehidupan produk yang sudah dibuat. Iklan-iklan dan tipe pemasaran dapat membuat produk tersebut “muncul” ke permukaan dan dapat dikenal orang dengan baik asalkan kita menginklankannya dengan benar dan penuh tanggung jawab.
Seperti yang bisa kita bedakan kekuatan iklannya seperti antara Yakult dan Vitacharm.
Pikirkan apa yang membedakan mereka sebegitu mendalamnya padahal kan mereka sama-sama susu fermentasi yang bahkan Anda sendiri pun dapat membuatnya.
YAPPPP yang membedakan 2 produk tersebut adalah iklannya. Pemenangnya disini adalah Yakult. Apakah Yakult lebih daripada Vitacharm? Hal itu adalah paradigma yang sudah dibangun oleh orang-orang bagian marketing di dalam perusahaan Yakult tersebut.
                                                                                                                                              
#Kekuatan Penjualan dan Distribusi. Jika tenaga armada penjualan Anda dapat membuat barang Anda distok lebih banyak dan meninggalkan para kompetitor Anda, hal itu berarti Anda sudah mengidentifikasi salah satu kekuatan bagian penjualan. Kemampuan untuk menjadikan barang Anda distok atau dalam kasus penjualan langsung dan dapat melakukan penjualan ke konsumen langsung, hal itu adalah sebuah keharusan. Jika Anda dapat melakukannya lebih baik daripada kompetitor Anda, maka hal itu adalah kekuatan Anda.

#Kekuatan Operasional. Kekuatan kategori ini adalah kekuatan yang berlangsung di belakang layar. Jika Anda dapat mengapalkan produk Anda dengan lebih cepat sehingga dapat meninggalkan kompetitor Anda, itu adalah kekuatan operasional yang sudah Anda pegang. Begitu juga jika Anda dapat melakukan operasi gudang yang lebih baik, itu juga adalah kekuatan Anda.

Sekian itu adalah yang dapat saya jelaskan tentang apa saja macam-macam kekuatan bisnis secara mendasar dan secara umumnya. Semoga informasi ini dapat membuat Anda memahami kekuatan bisnis Anda berada di sebelah mana dan dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. God Bless You All.

Previous
Next Post »