4 Tanda-tanda Anda sedang stress dan Bagaimana Menangani stress tersebut.

Di Indonesia apalagi saya di Jakarta nihh, duhh yang namanya stress bisa saja saya temukan dimana saja. Kalian kan tahu sendiri, di Jakarta dengan kemacetannya saja sudah bisa menciptakan peperangan luar biasa di jalanan. Dimana supir kwk berantem sama supir metromini di pagi hari karena saling serempet demi mengejar setoran. Itu saja baru kemacetan, tapi memang kemacetan sih yang menurut saya paling bikin stress di Jakarta.

Akan tetapi sebenarnya keadaan stress bisa sangat membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari. Stress dapat membantu Anda latihan melawan rasa takut dan memotivasi Anda untuk memecahkan masalah. Akan tetapi stress tersebut haruslah bisa kita kendalikan. Jika tidak dan meluap maka itu adalah masalah besar. Stress yang meluap dan begitu banyaknya dapat menyebabkan berbagai penyakit yang begitu banyak. Contohnya batuk dan flu. Kedua penyakit ini selain disebabkan oleh debu polusi di Jakarta ini, bisa juga disebabkan oleh kadar stress. Stress yang berlebihan juga sangat tidak baik bagi ibu yang ingin melahirkan, karena bisa berpengaruh negatif terhadap anaknya juga. 

Menurut penelitian, bahwa 90% penyakit di dunia ini bisa disebabkan oleh stress yang berlebihan.
Agar Anda sendiri tahu kadar stress yang Anda alami, saya mempunyai informasi bagaimana mengidentifikasi kadar stress yang terlalu berlebihan dan Anda sangat perlu untuk mengambil waktu istirahat sedikit jika sudah mengalaminya.

1.Sakit Terus-Terusan

Jika hampir setiap minggu Anda mengalami sakit batuk dan flu yang terus dan berkepanjangan padahal cuaca sedang baik, ada kemungkinan tingkat stress di kepada Anda sudah mencapai stadium 4.  Penelitian yang dilakukan oleh Richard Colgan,MD (Professor University of Maryland School of Medicine) bahwa jika Anda sedang berada di dalam tekanan yang ekstrim, maka hormon stress yang disebut kortisol dapat membuat kita untuk rileks sedikit.
Akan tetapi jika stressnya terlalu berlebih, maka yang ada hormon tersebut tidak ada gunanya sama sekali. Dan pada saat tidak berguna, hormon ini akan kehabisan waktu dan ditarik kembali sehingga menyebabkan ketahanan tubuh menjadi berkurang dan kita menjadi rentan berbagai penyakit.

Yang harus dilakukan adalah Anda harus peka dengan kondisi ini. Jika Anda sudah menyadarinya, segeralah untuk mengambil waktu sejenak untuk beristirahat dan bersantai sembari menikmati hidup dan memikirkan kembali apa yang bisa membuat kita stress dan bagaimana cara menanganinya.

2.Kesulitan Berkonsentrasi.

Jika Anda tiba-tiba sulit untuk berkonsentrasi pada hal-hal ringan seperti contohnya bermain futsal Anda sering mengoper ke musuh atau terkadang Anda sendiri lupa siapa nama teman Anda, itu adalah tanda overstressed. Efek stress dalam masalah konsentrasi sangatlah luar biasa dan jangan sampai diremehkan. Penelitian menemukan bahwa stress yang berkepanjangan dapat merangsang petumbuhan protein yang dapat menyebabkan Alzheimer.

Yang harus dilakukan adalah Anda harus berusaha rileks dan mengambil pernapasan yang panjang sehingga otak Anda dapat terisi dengan oksigen yang banyak dan menjadi lebih tenang. Pernapasan yang panjang ini juga dapat membantu mengontrol detak jantung dan aliran darah serta ketegangan otot.

3.Sakit Kepala Terus Menerus.

Jika Anda merasa kepala Anda sedang diserang oleh jarum yang berserakkan dimana-mana sehingga kepala Anda terasa berdenyut di seluruh daerah, maka stresslah yang menyebabkannya. Akan tetapi sakit kepala seperti ini bukan hanya disebabkan oleh stress, akan tetapi gaya hidup yang tidak sehat seperti tidur terlalu malam contohnya.
Yang harus Anda lakukan adalah seperti yang nomor 1 sih. Anda perlu untuk sedikit lebih rilek dan mempercayai bahwa semua masalah mempunyai jalan keluar. Ambillah waktu istirahat lebih sedikit untuk merenungkan apa penyebab masalahnya dan bagaimana mengatasinya.

4.Sulit Tidur Nyenyak kapan saja.
Setiap tidur Anda selalu berpikir keras dan bahkan tidak tidur-tidur, sadarilah bahwa stress Anda sudah kelewatan batas. Dr Colgan mengatakan bahwa jika Anda sudah susah tidur dan sering terbangun terlalu dini, bahwa hal itu disebabkan oleh tingkat stress dan depresi yang berlebihan. 

Tingkat stress yang tinggi menyebabkan otak Anda terus kepanasan dan susah berhenti sehingga Anda susah untuk terlelap. Jika Anda sudah kelelahan akan tetapi susah untuk tidur, maka stresslah penyebabnya.

Yang harus Anda lakukan adalah jika merasa perlu, Anda bisa mengecek di dokter-dokter yang sudah Anda percayai dan jika dimungkinkan tes darah saja. Jika penyebabnya stress, usahakan agar tidak langsung meminum obat tidur. Berdoalah kepada Tuhan untuk meminta kepada Dia agar Dia bisa menemukan apa sih penyebab kita stress dan hindarkan minum-minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan jangan meminum minuman alkohol untuk menghilangkan stress, karena itu sifatnya hanyalah sementara.


Memang terkadang masalah bisa saja menyerang kita kapan saja. Dan masalah tersebut membawa kita kepada stress yang berkepanjangan. Yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikuti ketentuan medis seperti menghindari minuman berkafein atau mengambil sedikit waktu istirahat untuk menenangkan sedikit kepala Anda. Dan jangan lupa untuk meminta pertolongan Tuhan jika stress tersebut memang sudah luar biasa levelnya dan Anda sendiri tidak sanggup untuk menyelesaikannya, biarkan Dia yang menyelesaikannya. God Bless You All.
Previous
Next Post »